GITJ KEDUNG PENJALIN
gitj

 

BERKAT BAGI ORANG BENAR

 

“Orang benar akan bertunas seperti korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon” (Maz. 92:13)

Bacaan: Maz. 92:7-15

 

Dalam Perjanjian Lama, kata orang benar menunjuk pada  orang yang sungguh berbakti kepada Allah.  Kita dapat mengambil contoh Daud sebagai salah satu satunya.  Dalam pengertian Perjanjian Baru, orang benar adalah orang yang berbakti kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya secara pribadi.

Pada awalnya memang semua manusia itu telah jatuh ke dalam dosa (Roma 3:23), namun oleh penebusan di dalam diri Yesus Kristus, manusia yang berdosa tersebut, karena keyakinannya kepada Yesus Kristus maka memperoleh pembenaran.  Dengan demikian, manusia tersebut di sebut sebagai orang benar.

Janji Tuhan melalui pemazmur, menyebutkan bahwa orang benar akan bertunas seperti pohon korma dan pohon aras.  Apa keistimewaannya dengan janji ini?

Pohon korma adalah sebuah pohon yang mengeluarkan buah yang manis rasanya.  Pohon yang tumbuh di padang gurun ini akan memberi kelegaan kepada para musyafir yang memang membutuhkan makanan dalam perjalanannya.

Pohon aras adalah sebuah pohon yang tumbuh di daerah Timur Tengah, yang dapat bertumbuh besar batangnya.  Batang pohon aras dapat digunakan untuk pembangunan rumah dan sebagainya.  Dengan demikian, pohon aras memiliki manfaat yang besar sehingga akan menyenangkan bagi pemiliknya.

 

Renungan Harian